Tuesday 5 May 2015

SAIL TRIP - day 3 ( PULAU KELOR, PULAU RINCA, PULAU KALONG)

photos from @si.rv, si sotograper


Masih punya utang cerita liburan ya? *pura-pura lupa

kira-kira jam 9 pagi, kelar sarapan di warung Mama (yang mihil) kita cuss ke pelabuhan.. dan BERLAYAAAAR. kebetulan subuh hari itu ujan lumayan deres, jadi sayang banget pagi-pagi udah mendung. langitnya ga oke kalo difoto, tapi untung aja ga ujan lagi. jadi lumayan menenangkan hati - btw, sebenernya yang saya takutkan pas sail trip ini bukannya mabok laut, saya ngerasa cukup seterek (baca: kuat) kalo cuma gitu doang mah.. kebayang gaaaa dulu kalo mudik lebaran sekitar taun 90-92'an (before merpati air era) kita sekeluarga naik kapal ferry Pekanbaru-Jogja. yang ditakutin adalaaaaah.. sesek napas. huahahahha saya tuh ya, orangnya panikan. trus kalo udah stress panik biasanya suka sesek napas. ble'e banget kan?? - gitu deh kenapa sampe sekarang ga mulai juga dive-course nya, pengenan doang, tapi nyali ciut.

landscape labuan bajo - kelor

abal-abal yaa.. biar kekinian lah

Kira-kira 1 jam, sampai deh kita di Pulau Kelor. Namapun Kelor, ya pulaunya cuma selebar daun kelor, kecil kok pulaunya - di tengahnya ada bukit. Wih baru berhenti pertama ini ajaa udah terkagum-kagum sama pantainya. Pas kita menepi kebetulan ada barengan kapal juga, taunya mereka foto prewed.. yoi' banget deh foto prewed sampe sini, bagus sih.. cuma kan pe-er, mana dikerjain sama fotografernya suruh naik bukit, pake wedding dress pulak. 
di Kelor, saya sempet snorkeling - 15 menit aja, hahahahaha capek, arusnya kenceng banget. 



 Abis dari Kelor, kita menuju Pulau Rinca - di Pulau Rinca juga ada komodonya, malah lebih banyak komodo yang bisa dilihat di Rinca daripada Pulau Komodonya sendiri. Bukannya lebih banyak populasinya sih, tapi di Rinca lebih kecil lokasinya daripada Pulau Komodo. jadi kesempatan ketemu sama komodo jadi lebih banyak di Rinca. Untuk masuk Rinca kita disuruh bayar tiket pass dan ranger fee, bertiga kira-kira Rp.155.000. bayarlah cukup 2 point itu tadi, kalo disuruh bayar lain-lain, bilang aja sama petugasnya kita hanya diwajibkan bayar tiket masuk dan tips untuk ranger, selebihnya menjadi urusan kantor tour yang kita sewa jasanya. duuuh.. begini deh, Indonesia kebanyakan pungli!

pintu masuk P.Rinca

Kita boleh pilih jalur tracknya, mau short track (kurleb 1 jam), medium track (kurleb 2 jam), atau long track ( kurleb 3 jam). dan saya pilih medium track - jompo seuss! 
oiya, tadi di jalur masuk dari pelabuhan ke kantor pengelola pulau, saya udah ketemu komodo yang kecil. besarnya 3x -nya iguana lah, warnanya coklat muda, komodo kecil cenderung masih takut sama manusia - tapi bahayanya, dia masih suka manjat pohon. ya kan ga lucu juga, dari atas liurnya netes hahahahaha, komodo yang kaleum ini bisa bahaya ketika dia merasa terganggu atau lapar, dia bisa mengejar mangsa dengan kecepatan hingga 20km/jam, melumpuhkan mangsanya dengan cara menggigit dan mentransfer bakteri beracun pada liurnya ke dalam darah si buruan. menunggu hingga kemudian si buruan akan mati dengan sendirinya ketika bakteri dari komodo tadi sudah menyebar ke seluruh tubuh hewan buruannya. biasanya sih, si korban akan mati dalam waktu 5-7 hari, baru deh abis itu dimakan sama komodo.

bangkai sisa makanan komodo

sebelum mulai tracking si Ranger menerangkan aturan-aturannya, seperti jarak aman untuk mengambil foto kurang lebih 3-5 meter dan tidak boleh memainkan benda hingga bergoyang-goyang supaya tidak menarik perhatian komodo. Ranger pun mengingatkan, bahwa selain di dapur - sepanjang perjalanan nanti belum tentu kita bisa ketemu komodo. bener aja dong, komodo terbanyak yang bisa dijumpai ya cuma di dapur, saat itu ada 3 komodo yang lagi nyantai di sana - mereka ada disana karena mencium bau makanan. selebihnya kita cuma ketemu 1 lagi di semak-semak, segitu udah taunya si Ranger sampe bisa bedain mana komodo mana batang pohon (yaaa menurut nganaaaa..) padahal sama aja warnanya.

komodo di dapur

selain komodo, Pulau Rinca juga masih menjadi habitat alami untuk rusa, kerbau hutan, monyet, sapi, dan beberapa burung. jadi di Pulau Rinca, selayaknya di hutan alami lainnya terjadi rantai makanan dimana predator puncaknya ya si komodo ini. Komodo pun bisa jadi kanibal, dia memakan telurnya sendiri, juga sesama komodo yang sudah mati. 

kebetulan banget, waktu saya kesana ada pengidentifikasian komodo. jadi ada salah satu organisasi yang tugasnya mengidentifikasi komodo, untuk mengetahui berapa umurnya dan jumlah pasti komodo yang terdapat di Taman Nasional. beruntung banget, karena penghitungan ini hanya dilakukan setahun sekali. para petugas yang sudah terlatih itu menangkap kemudian menimbang, mengukur, dan memberi tanda berupa cat ke tubuh si komodo. jadi saya berkesempatan memegang badan si komodo, tapi sayangnya ga boleh difoto - kulit komodo bersisik kasar dan keras, mirip buaya. 


jalur medium track
jalur medium track
jalur medium track
sorenya kita menuju Pulau Kalong, konon di Pulau Kalong ini kalo matahari tenggelam bakal ada pemandangan ribuan kalong beterbangan keluar dari sarang. tapi sayang seribu sayang, yang begitu udah ga ada lagi.. ada sih beberapa, tapi kata kapten kapal pun yang saya liat ga seberapa. biasanya jauh lebih keren.. sayang yaa, mungkin karena sudah ada desa di Pulau Kalong ini jadi kalongnya menyingkir .. dan kapal kita menurunkan jangkar di Pulau ini, jadi malam itu saya tidur di tengah laut di Pulau Kalong beratapkan bintang dan buaian angin laut. nikmat Tuhan mana yang kau dustakan, tse.. haa? haa? haa? 



sunset P.Kelor

No comments: