Friday 22 May 2015

SAIL TRIP - day 5 (Pulau Satonda, Pulau Moyo, Lombok)


hari terakhir sail trip dimulai dengan perjalanan selama kira-kira 8 jam melalui Selat Sape. Selat yang merupakan batas antara propinsi NTT dan NTB ini terkenal cukup sangar di kalangan nelayan atau pelaut. Pak Dulah, yang menurut kru travelnya adalah kapten handal, malam itu sudah mulai memasang peci dan sarungnya dan duduk tenang di balik kemudi kapal. Malam itu saya habiskan mengobrol dengan para kru kapal. Pak Dulah bercerita, sekitar tahun 2000 awal, kapal yang dikemudikan beliau hancur terhempas ombak. untungnya beliau selamat dan kembali bisa melaut.
"ga trauma, pak?' tanya saya.
"ya namanya kita hidup di laut mbak, kalo trauma nanti makan apa. padahal saya sendiri ga percaya saya bisa selamat waktu kejadian dulu itu, kapal saya hancur"

semakin malam, kapal semakin bergerak ke tengah laut menjauh dari pulau-pulau di sekeliling. suasananya mencekam malah menurut saya, dasar tukang jalan abal-abal - di bawah taburan bintang dan goyangan ombak yang aduhai bikin kliyengan, saya jadi kepikiran "gimana kalo kapal kena ombak, trus saya tenggelam, trus ini di tengah laut gelap, jauh dari mana-mana, trus gimanaaaaaaa???" tu kan terbukti, saya orangnya panikan huahahahahah

subuh, saya bangun disambut sunrise dan lumba-lumba!!!! duh, once more yaa.. nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan kalo gitu. biasanya subuh-subuh dirumah, saya cuma liat tumpukan piring kotor sama pup kucing.


tujuan pertama trip hari terakhir ini ke Pulau Satonda. Kapal berhenti sekitar 1 kilo dari bibir pantai. kami dijemput dengan kapal motor yang dikendarai oleh Pak Totok, kata kru kapal, Pak Totok ini penunggu Pulau Satonda, beliau tinggal sendiri di sana untuk menjaga pulau. gokil, berani bener yee pak - mana katanya Pulau Satonda ini masih dikeramatkan. konon, Pulau Satonda jadi asal muasal berdirinya kerajaan Bima - sampai hari inipun, Pulau Satonda tetap tidak berpenghuni.


highlite Pulau Satonda adalah danau air asin di tengah pulaunya yang menurut beberapa versi terbentuk akibat erupsi Gunung Tambora pada 1815 kemudian terjadi tsunami yang mengakibatkan danaunya dipenuhi air asin. di tepi Danau Satonda juga terdapat pohon yang katanya bisa mengabulkan keinginan dengan cara mengikatkan batu di batang-batang pohonnya. saya ga mau kalah dong ikutan ngiket-ngiket - keinginannya adalah,suatu hari saya mau balik lagi ke NTT-NTB sama anak suami!!

kelar dari Satonda, kapal berangkat menuju Pulau Moyo. saya ga sabar nyampe Pulau Moyo, pengen mandi pake air tawar. rambut ama badan udah lengket, bau asin campur matahari macem ikan dijemur, abis tiap kelar snorkeling ga pernah bilas (hai, panu dan temanteman)

perjalanan dari Pulau Satonda ke Pulau Moyo memakan waktu 2 jam. ABK memasak ikan tongkol dan keong yang tadi diambil langsung dari dasar laut Pulau Satonda lalu sarapaaaaaan, girang banget makan ikan fresh terus selama LOB.

Di Pulau Moyo terdapat air terjun tawar yang dulu bikin Princess Diana bengong, bagus banget katanya.
saya rela tracking masuk hutan kurang lebih 20 menit buat sampe ke air terjun Mata Jitu, dan beneran dong.. sampe sana, berasa pengen nyemplung ga mau pulang lagi, airnya segeeeerrrr bgt! sekali lagi deh, nikmat Tuhan mana yang bisa kamu dustakan.. mandi di air terjun di tengah hutan di kelilingi kupu-kupu di atas kepalamu. sumprit, kupu-kupu di Pulau ini ga takut sama manusia, malah di deketin. ehehehe jadi berasa Disney Princess gitu eike..
baliknya ke kapal, tracking lagi seuuus.. hyuk! hutan di Pulau Moyo ini masih rimbun banget, jadi kalo seandainya tadi tu anduk di maling Jaka Tarub, trus eike ditinggal sama yang lain ya udaaah ga bisa liat emol lagi (apaaadeh)



air laut di Pulau Moyo ini menurut saya paling jernih dibandingin pulau-pulau sebelumnya, warnanya hijau bening sampe cumi-cumi yang ngetem di bawah kapal keliatan jelas banget. jadi bikin kita gatel mancingin buat tar makan siang. ternyata mancing cumi ada triknya sendiri, ga kaya mancing ikan biasanya, caranya umpan kudu berwarna gonjreng, trus dimaenin aja depan si cumi, nanti kalo si cumi ngejar baru kailnya dikaitin aja ke badan cumi. ssaat ssett batt bbett, dapet deh 5 ekor!


dari Moyo baru saya bisa tidur nyenyak ga gatel-gatel lagi, jadi malam itu sepanjang jalan saya molor aja kerjaannya. sempet kebangun waktu kapal berlayar di Selat Lombok karena ombak besar yang bikin kapal goyangnya macem kora-kora mana hujan deres pula di luar, seperti biasa Pak Dulah udah bersarung & berkopiah tanda ga sante. saya cuma bisa berdoa aja kalo saya mati gara-gara ombak ini minimal saya udah pernah liat surga di timur Indonesia, tsah!
beneran deh itu sepanjang jalan saya berdoooooaa terus, dan ga sadar tau-tau bangun di tengah sahut-sahutan bacaan Quran yang berkumandang dari mesjid-mesjid sekitar pelabuhan di Lombok Timur (bukan, bukan saut-sautan Quran ala ala tahlilan, jangan dulu Ya Allah)

Dan sampailah saya di Lombok! yeaaaay, kelar juga LOBnya.. begitu turun dari kapal, saya terserang boat-leg, badannya berasa goyang kleyengen ditambah saya kudu naik engkel (angkot) selama 3 jam menuju Mataram, sendirian, dan suami cekikikan via Whatsapp nasehatin biar saya ga ketiduran trus tau-tau jadi TKW di Malaysia. bodo amaaaaat!
oia, buat yang LOB finish di Lombok, biasanya kapal akan menepi di Labuan Lombok yang terletak di Lombok Timur, untuk menuju Senggigi atau Mataram bisa naik engkel (tanya aja sama sopirnya) selama 3 jam, ongkosnya 30rb. minta turunin aja di Terminal Mataram, lalu naik taksi lagi sampe tujuan (hotel misalnya) kalo mau ke Senggigi ya lanjut naik engkel lagi arah ke Senggigi kira-kira 1 jam perjalanan. fyi, angkutan umum di Lombok ga banyak, sama kaya di Bali. pilihannya cuma taksi atau ojek yang juga seharga taksi (seriously!) - saran saya kalo mau lama di Lombok, sewa motor ajaa!

sekian dan terima diajak jadi guide buat LOB! sampe ketemu di Pulau Weh !!!

sunset 


No comments: