Wednesday, 27 May 2015

less chemical and start your healthy happy life



abis ter'youngliving, saya jadi seneng banget sama segala minyak-minyakan. selain buat ngoles-ngoles, yang sesuai sugesti saya - bikin sedikit lebih berkurang 'ga nyamannya', saya juga bela-belain bikin ramuan dari campuran essential Lavender, Lemon, atau Rose Geranium + air amidis buat gantiin segala urusan semprot-semprot dirumah. ya ruangan, ya yoga mat, ya kasur, ya baju semuaaa disemprot, sering juga semprotin ke badan hahaha
bukan sok-sok eco living kekinian, tapi saya ngerasain sendiri manfaatnya hidup less chemical. dalam rumah tangga, saya sudah menguranginya dengan mengganti obat nyamuk semprot dengan raket nyamuk, mengganti pengharum ruangan dan toilet dengan membakar/diffuse essential oils, mengganti cairan pengharum setrikaan juga dengan essential oils, and no air conditioning. tadinya saya dan suami tiap pagi suka ngabisin tissue buat ingus yang meler karena alergi, saya ga tau apa penyebab alerginya, tapi yang pasti ketika nanti udah kena panas matahari biasanya udah mendingan. tapi sejak mempraktekkan less chemical ini saya ama suami udah jaraaaaaang banget bersin-bersin kalo pagi.

less chemical disini juga termasuk tidak mengkonsumsi obat-obatan lagi. efeknya adalah, saya jadi jarang banget kena sindrom penyakit 'dorman' seperti bersin-bersin, pusing, pegel-pegel, greges (kata orang jawa), atau masuk angin. 
penyakit dorman adalah kondisi dimana seseorang belum jatuh sakit tapi ga bisa juga dikatakan sehat, ya kaya yang saya sebutin diatas.. sering ga begitu? dari bersin tetiba lanjut jadi pilek, saya dulu sering banget - karena ga mau pileknya jadi ganggu aktifitas saya obatin pake panad*l atau ultr*flu trus sembuh deh "menurut saya" - padahal kalo liat efek jangka panjangnya, keseringan nenggak obat yang dijual bebas maupun resep tetep aja bahaya buat tubuh, ditambah lagi kalo kurang minum air putih. tambah lagi udah resikonya.. 
penyakit dorman sendiri menurut saya cuma sekedar sinyal tubuh yang harus kita perhatikan, bahwa mungkin saat itu kita kurang beristirahat, kurang air putih, atau kurang mendapat asupan gizi yang baik. sebaiknya si sinyal itu bukan malah 'dihentikan' tapi justru diturutin, makanlah yang baik (no junk food), beristirahatlah dengan cukup, and listen to your body. 

oiya, dalam Ayurveda (vatta dosha) what comes into the body must be at least the same temperature of our body or if not warmer , so that it will not aggravate the body system. yaa meskipun ga dipraktekin tiap hari, tapi minimal saya mempraktekkan dengan cara tidur ga pake ac, ga masukin botolan air ke kulkas untuk diminum sehari-hari, dan ga minum es sering-sering! 

rempess ga seus? iya kali ya.. tapi bukankah yang instan, yang ssat sset batt bett gitu efek jangka panjangnya juga ga bagus buat tubuh dan bahkan lingkungan sekitar?


4 comments:

gadis dis said...

This is such an eyes opener deh ceuuu...
jadi terinspirasi nih!
selain YLO oil keluaran apalagi ceu yang bagus? abis YLO mahal amiiit

tselaa raisa said...

banyak dis sekarang yang lokalan.. bluestone, utama spice (ready stock di guardian seluruh bali), atau svasti eo - baru tuh dr jakarta kayaknya
kalo buat semprot2 gw pake yang murce, dis. ga shanggup pake YL, YL mah khusus oles2 aja itu juga kalo bidangnya gede, misal gw oles perut apa punggung gw dilute pake carrier oil (vco/olive oil) gt
dicoba eboo.. di gw beneran ngaruh lho,apalagi yg alergi itu.

gadis dis said...

ya ampuuun... urah sih tapi tiket peswat ke balinya lumayan jugiiii hahahahahha1
kalo semprot2 lo pake yang mana ceu?

tselaa raisa said...

kl semprot gw pake bluestone sm utama ajuaaah.. utama tuh paling murah dis
coba svasti aja.. dia di jkt kok, gih cari di ig @svastiessentials kl ga salah id nya

selamat semprot-semprot!!!