Wednesday 3 June 2015

Must Eat : Malang

kalo pergi jalan kemana saya ama suami selalu nyari makanan khas daerah tersebut. jauh-jauh hari sebelumnya saya suka searching dulu makanan apa yang kudu harus dicoba. 
Saya termasuk yang ga bisa mendeskripsikan makanan, pokoknya makanan itu cuma ada 2 nilai buat saya, enak sama enak banget deh. asal ga terlalu eneg atau masih mentah mah ayo aja dah dimakan. makanya saya doyan banget masakan Indonesia, bukan berarti ga doyan masakan 'bule', doyan sih - tapi ga bakal nyari sampe gimana gitu. biasanya cuma masakan Indonesia yang bikin saya ngidam sampe saya jabanin cari resep atau malah dateng ke kota asalnya misal di Jogja ga ada. Malang termasuk kota favorit saya kulineran setelah Bandung. biasanya, saya wajib ke beberapa tempat berikut kalo pas lagi ke Malang :

1. Toko Oen 
apalagi yang dicari kalo bukan es krim jadulnya! di tengah gempuran gelato bar, laki eike yang vegan tetep milih es puter (duh!). kalo saya, suka ama suasananya.. vintage banget - ya jelas vintage orang berdirinya aja sejak tahun 1930. bangunan dan interiornya pun masih sangat klasik, dengan set meja rotan, foto-foto Malang tempoe doeloe yang dipajang di dinding, bahkan pelayannya juga klasik (udah tua-tua maksudnya :D ). Toko Oen ini ga pernah sepi pengunjung, jadi harap sabar kalo misalnya cuma pesen es krim aja lama. Rekomendasi saya, es krim rasa tutti frutti dan rotinya!

alamat : Jl. Jend. Basuki Rachmat No.5 Malang

images from here


2. Depot Hok Lay
salah satu penyaji fosco legendaris ya di Hoklay ini. fosco adalah minuman coklat dingin di blend dengan susu full cream dan salted caramel (?) dan disajikan di botol coca-cola. konon, fosco itu udah jadi racikan minuman kesukaan noni-noni Belanda. Hok lay juga salah satu resto tertua di Malang, buka dari tahun 1946. interiornya juga masih dipertahankan keklasikannya. kalo mau kesini, perhatikan jam bukanya ya. karena mereka masih menganut sistem warung jaman Belanda, buka dari jam 09.00-14.00 kemudian tutup dan baru buka lagi pada jam 17.00-20.00. yang rekomended? Fosco, Limun Jahe, Cwie Mi, dan Lumpianya!

alamat : Jl. KH. Achmad Dahlan No.10 Malang

images from @mynameisevi


3. Bakso Bakar Pak Man
Malang emang paling femes deh urusan perbaksoan. apalagi yang doyan pedes level dewa, wajib deh kemari. bakso bakar pedesnya itu yang bikin saya nagih ke Malang terus, abis di Jogja belum ada. satu porsi isi 10 bakso harganya 30ribu, mi sama kuahnya sila ambil sendiri alias self service alias prasmanan. oiya, jangan jauh-jauh ama tissu!

alamat : Jl. Diponegoro, Malang

images from here


4. Soto Lombok
soto jadi menu favorit sarapan buat saya, sampe-sampe saya punya jadwal sendiri yang saya namain kamisoto - yang artinya tiap hari kamis saya bakalan nyari sarapan soto keliling Jogja, sama driver kantor. kenapa kamis? ya soalnya tiap kamis adalah jadwal rutin saya sowan ke beberapa bank, sama biar ear catchy aja :p -- nah soto lombok ini juga berhasil bikin saya pengen ke Malang terus. perpaduan kuah sarat kaldu, ayam kampung, sama koyanya belum ada yang bisa nandingin, endeuuuuus! beberapa hari di Malang saya rela sarapannya soto lombok terus hahahhaa

alamat : Jl. Lombok No.1 Malang

images from here


5. Lalapan Belut 
kalo 4 tempat tadi yang selalu bikin saya pengen balik, si pecel belut ini sukses bikin laki saya acc kalo saya udah ngambek ngajakin ke Malang. Belut di warung ini boneless, dilumuri tepung, dan digoreng crispy dimakan bareng sambel tomat segar sama nasi panas. iiiiih, bikin ngeces! semacam ada peletnya kali ya, abis enaaaaaaknya kebangetan. karena bentuknya warung tenda jadi mereka buka sore sebelum magrib.

alamat : Jl. Kalpataru, Malang - seberang indomar*t

No comments: