Tuesday 24 November 2015

Ngayogjazz tanpa ditemani hujan

saya beruntung tinggal di Jogja, kenapanya udah pernah saya bahas disini (link) 
nyenengin banget, banyak acara-acara budaya yang digelar gratis tiap weekend. kaya weekend kemaren, ada festival duren di Kalibawang (daerah penghasil duren di Jogja) dimana ditampilnya festival jajanan olahan duren dan beberapa lomba, juga durennya yg dijual murce. trus kemaren juga ada Ngayogjazz 2015 - event musik paling romantis di Jogja. romantis, soalnya nontonnya ujan2. pake payung atau jazz ujan berdua pacar. ihikkss! tapi tahun ini, adalah Ngayogjazz pertama saya tanpa ujan..
saya pernah nonton sampe basah kuyup, saya pernah nonton sambil pelukan di bawah payung, bahkan pernah nonton gelap-gelapan krn listriknya mati dan si genset cuma diberdayakan buat panggung.
sekarang, saking pengennya nonton Trie Utami dan Kua Etnika saya rela berdiri di patahan batang bambu biar sedikit keliatan *yuks, yang mau endorse penambah tinggi badan* tapi ga sia-sia, penampilannya dahsyaaaaaat! di akhir acara, Djaduk cs mengajak penonton nyanyiin Indonesia Pusaka. bikin merinding dan terharu nyanyiinya (iih saya aja merinding lagi nih ngingetnya).

apa sih Ngayogjazz????
kalo di Bromo ada Jazz Gunung, Jogja punya Ngayogjazz. Ngayogjazz adalah acara musik tahunan di Jogja, biasanya diadakan tiap bulan November. acara ini sudah berlangsung sejak tahun 2006 ~ saya baru mulai nonton tahun 2008 (penting bgt disebut) dan jadi agenda tahunan saya dan orang Jogja lainnya untuk selalu hadir di acara ini. 
Salah satu penggagas acara ini adalah Djaduk Ferianto. konsep Ngayogjazz ini seru banget, dengan 5 panggung dan deretan musisi jazz kelas ibukota, lokal, sampe komunitas-komunitas musik, diadakan seharian penuh dan selalu bertempat di desa. dan tahun ini Ngayogjazz 2015 diadakan di Dsn.Pendowoharjo, Sleman.
di Jogja sendiri banyak sekali desa yang dinobatkan sebagai desa wisata atau desa budaya oleh Pemda setempat ~ nah Ngayogjazz selalu memilih satu diantara banyak desa sebagai lokasinya. jadi tiap tahun beda-beda lokasinya. tujuannya adalah memperkenalkan jazz untuk semua kalangan karena jazz ga cuma bisa dinikmati di hotel atau gedung dengan tiket selangit (fyi : this event izzz FREE!!) sekaligus juga mengenalkan desa wisata/budaya ini ke khalayak umum. karena ga cuma musiknya aja, biasanya kesenian tradisional dari desa tersebut turut ditampilkan, acaranya sendiri diadakan dari pagi sampai tengah malam. seru ga sih, weekend dateng ke desa trus nikmatin jazz seharian penuh, dari satu panggung ke panggung lainnya!! buat saya ini kaya piknik aja ~~setelah 5 hari cuma ngubekin masalah kantor dan macyeeet. di desa semua-semua berasa lebih slow dan.. nikmat! 

hebatnya lagi, masyarakat sekitar desa ini ikut membantu penyelenggaraan acaranya ~ dari mulai mendekor tempat, mengatur parkir, menjaga kemanan, sampai menyediakan jajanan buat para pengunjung. jajanannya tradisional juga ~ jajanan pasar kaya lemper, putu, jadah, arem-arem, kacang rebus sampe makanan berat macem gudeg, bakmi jawa, sampe entog slenget pun ada!
juwara kan ~~

tahun depan, agendakan liburan ke Jogja pas bulan november ya.. trus tonton acara ini seharian. jangan salah kostum, pake sendal jepit sama kaos aja, sekalian bawa payung atau jazzzz hujan!! see you @ Ngayogjazz 2016

ps : foto-fotonya saya ambil dari official twitter Ngayogjazz. saya kebetulan ga bawa kamera yang oke, takut ujan. padahal ga!

syahdu

 
arak-arakan bregodho, pembukaan Ngayogjazz 2015






syaharani


trie utami & kua etnika




No comments: