Thursday 23 April 2015

SAIL TRIP - day 2 (LABUAN BAJO)

pictures from here

setelah sehari semalem transit Bali, paginya cuss ke Labuan Bajo - di bandara Ngurah Rai saya ketemu sama temen barengan trip ini. orang Surabaya, namanya ventri. kenalnya juga gara-gara mau barengan ikut sail trip, beberapa kali juga sempet kontak via whatsapp.

Padahal saya udah spare waktu sekitar 1.5jam di bandara, jam 9 pagi saya udah stand by.  hari itu pas barengan sama yang pada pulang kongres partai banteng merah. salah saya sih ga online cek in, padahal biasanya rajin kalo naik AA, kemaren itu flight ke Bajo saya naik Garuda - dan mayoritas peserta kongres juga, kebayang dong antrian di konter cek in udah mengular dengan bagasi segambreng. betenya yang ngantri sih satu, sampe di konter eh yang di cek in'in berlembar-lembar, belum segala bagasinya. parahnya dari sekian banyak konter Garuda yang buka cuma 4/5 termasuk help desk, dan drop bagagge only. KZL! saya sempet panik karena jam 10.30 saya masih belum bisa cek in, padahal pesawat jam 10.45. Giliran saya sampe konter, ada bapak-bapak pejibit partai merah maen slonong sambil teriak-teriak berisik kalo pesawatnya ke Manado terbang jam 11.00. woy, ini sayaaa woy pesawatnya kurang 10 menit lagi. udah gitu ya tetep dilayanin sama petugas konternya, saya yang disuruh nunggu. sumpah ini pengalaman buruk saya sama Garuda Indonesia - perasaan naik ini udah yang paling oke. kok jadi pelayanannya bagus AA kemana-mana.. Indonesians!'

Kelar cek in, lari kayak dikejer setan ke terminal, tau kan seberapa gedenya Ngurah Rai? Thanks God, ternyata masih ditungguin. trus dodolnya lagi, saya kira saya bakal naik pesawat jenis boeing, pesawat gede lah pokoknya. taunya, jeng jeng -- kita naik fokker dong! trus saya yang emang suka stress naik pesawat kelamaan tambah stress lah gara-gara tau bakal naik pesawat kecil.
pemandangan dari atas pesawat bikin mangap ga udah-udah, ini pemandangan paling bagus yang pernah saya liat selama terbang. pulau-pulau kecil berwarna hijau, dikelilingi laut dengan warna gradasi tosca-biru bikin lupa ama stress nya. cantiks! - sayang ga dipoto, abis saya diawasin terus ama pramugarinya gara-gara duduk paling depan.

1jam20min di atas pesawat dan sampailah saya di Komodo Airport. Airportnya kecil, macem terminal sepi pula. kita naik taksi ke penginapan yang sebelumnya udah di booking Ventri via booking.com, 60k saza.. udah ngebatin, kayanya deket nih, orang tarifnya paling murah begini. dan bener aja, ga nyampe 5 menit naro pantat - udah nyampe dong ke Bajo View. Untungnya bapak driver mau bantuin kita ngangkutin barang sampe penginapan, penginapannya ada di tengah kampung, langsung menghadap ke pelabuhan.

Oiya, Labuan Bajo panasnya ruuuar biasa. lembab dan panas, suhunya berkisar antara 32-35 dercel. fiuuuuh! Bajo View ini penginapan yang bentuknya tenda gitu, lucuuu sih di foto. tapi saran saya nih, kalo mau ke Labuan Bajo sewalah penginapan yang ada ac. di tenda cuma disediain kipas angin soalnya.. dinyalain juga anginnya tetep panas.
Tadinya yang rencana sampe penginapan mau leyeh-leyeh, saya ama Ventri cabut cari makan. nanya sama petugas penginapan, direkomendasiin ke Warung Mama. Menunya standar prasmanan lah kalo di Jawa mah, sayur, gorengan, ayam-ayaman, daging. harganya, hihi mahal sih itungannya kalo buat warung prasmanan. saya yang cuma makan, nasi-ca kangkung-bakwan sama air putih aja bayar 23k! nasinya diitung seporsi goceng.. padahal di Jogja nasi sebanyak apa gratis. dasar, mental backpacker!

Sorenya, saya maen ke ahensi travel yang bikin trip kita. namanya Kencana Tour & Travel, hosipnya Kencana ini paling bagus se Labuan Bajo hahaha. nanya-nanya berapa orang nanti yang bakal ikut sail trip, ternyata....... cuma 3 orang! wih bisa jungkir balik di kapal itu kita. padahal standarnya, kapal ini diisi 15-20 orang. duh, tinggal berdoa deh, semoga yang satu orang lagi seru dan bawa KAMERA!!!! tadinya kita ditawarin apa mau pindah ke trip hari berikutnya, tapi cuma 3day2night - dan ga mampir ke Pink Beach sama Pulau Komodo. trip yang ini ada 10 peserta, dipikir-pikir akhirnya saya tetep ambil paket yang 4d3n. Kelar dari sana, cari makan di Bajo Night Culinary, jalan kaki sampe ujung pelabuhan, dan ketemu deh warung-warung tenda yang mayoritas menunya ya cuma ikan.. heran deh, bukannya masyarakat di Bajo ini banyak yang jadi nelayan, tapi harga ikan mahaaaal. jadi kangen pekanbaru!

Dan senin pun tiba, kelar packing kita jalan kaki ke kantor travelnya. saya, sambil nyeret-nyeret koper tentunya. udah diceng-cengin aja tuh, makanya pake ransel dong. hahahaha bodo amat lah, kan dibilang saya ga rajin organize barang biar muat masuk ransel. sambil sarapan kita kenalan sama genk trip kita satu lagi, cowok - Arfi namanya. serunya lagi ternyata peralatan tempurnya (baca : kamera) komplit, sampe segala lensa wide dan fish eye dibawa. yeaaaay!

di kapal, kenalan sama ABK nya yang cuma 4 orang - hish, banyakan ABK nya daripada pesertanya. Pak Dullah as Captain, Pak Udin, Pak (duh lupa), sama Coki anak pak Kapten..
yessss, angkat jangkar dan berangkatttttttsssss