Wednesday 10 February 2016

Cirebon Trip #1

long weekend kemaren kita abisin ke Cirebon. kenapa Cirebon? penasaran ajaaa.. belum pernah soalnya.
saya ama suami tipe yang bisa jalan kemana aja. ga harus tujuannya ke tempat-tempat eksotis atau keluar negeri, mahaaaaaal ye boook *inget cicilan
asal kotanya punya list kulineran, cusssss kita berangkat
sebulan sebelum keberangkatan, saya udah kepoin tuh akun @kulinercirebon - selain booking hotel cencunya 
berangkat sabtu pagi naik kereta jam 7. kalo kamu dari timur, Jogja Malang Surabaya dan sekitarnya mau menuju Cirebon, ambil aja kereta tujuan Jakarta - pasti lewat. 
Jogja - Cirebon sih ga terlalu jauh kalo ditempuh naik kereta, kita sampe sana pas jam 12. tujuan pertama, ngisi perut! yeee..tujuan dari awal juga pengen kulineran disini mah.


sempet searching pas di kereta, warung empal gentong yang rekomendet yang juga deket stasiun ~ Empal Gentong Mang Dharma. pokoknya dari pintu keluar stasiun belok kanan, depan stasiun persisssss!
pesenannya jelasssss.. empal gentong lah, eh suami saya mesen empal asem deng (yang dagingnya dilimpahin ke saya semua - jadi doi cuma makan kuah ama lontong!)
kalo empal gentong pake santen, nah si empal asem ini kuahnya bening dan rasanya asem.. seger gitu, semacam tom yam tapi lebih light lagi. seporsi sekitar 20ribuan kayanya
kelar makan, langsung menuju hotel - kita nginep di Batiqa Hotel Cirebon, kalo liat di google maps sih ga terlalu jauh cuma 15 menit naik kendaraan. mmmm.. banyak yang bilang taksi di Cirebon suka ga mau pake argo trus kalo ngasi harga seenak jidat. sebagai orang yang ogah rugi tapi suka ga tegaan, eike milih naek becak ajaaaaa. cuma 25 rebu sampe lobi hotel!
rate hotel di Cirebon edan kalo pas liburan gini - dan hotel yang saya inepin ini tergolong baru banget, baru beberapa bulan berdiri - trus waktu saya nginep, hotel lagi penuh-penuhnya. ngggggg.. salah sendiri ke Cirebon pas long weekend. Cirebon emang salah satu tujuan orang Jakarta atau Bandung buat liburan mepet, apalagi setelah dibuka tol Cipali - yang mana jarak tempuhnya cuma kurang dari 3 jam aja. 

oiya, buat keliling Cirebon saya jauh-jauh hari udah nyari info sewa motor. Cirebon itu kecil dan macettt.. kaya Bandung, jadi daripada mau liburan ujungnya kena macet juga, mending sewa motor atau ngebecak kemana-mana. saya ga searching sih angkutan umumnya gimana..
cari sewaan motor di Cirebon ga segampang searching dengan keyword #sewamotorbali #sewamotorjogja atau #sewamotormalang yakeleeeeeeeussss.. 
setelah nanya-nanya lewat forum Backpacker Indonesia, nemu deh inii kontaknya Pak Bahtiar 0812-4001-0594. sewanya diitung 75rb/hari, agak mahal dibanding di Jogja atau Bali yang sehari cuma 50rb doang. 

pic from google.com

setelah dapet motor, malemnya kita cari makan lagi hahahahahah 
makan malem kita nyobain Nasi Jamblang Mang Dul di Gunungsari, antriannya puaaaanjang - dan udah pada abis lauknya. ternyata Nasi Jamblang Mang Dul buka dari pagi, jadi kalo mau lengkap lauknya lebih baik nyobainnya pas pagi ke siang aja. akhirnya saya cuma nyobain nasi, sambel, oseng kerang, sama gorengan doang. rasanya? nasinya yang dibungkus daun jati itu jatohnya biasa aja - ga terus punya cita rasa sendiri gegara dibungkus pake daun jati tuh. menurut saya, sama konsepnya ama sego kucing di Jogja - nasinya seupil, trus lauknya ambil sendiri. soal harga, muraaaah! saya makan segitu cuma abis 8 rebu doang
 

3 comments:

ndutyke said...

smoga ga kena tilang ya pas kmaren disana..... lg heitz kan meme 'Cirebon kota tilang' :(

Unknown said...

hihi sama banget pas ak upload foto cirebon tmnku lgsg komen, ati2 kena tilang
untuuung ga.. etapi disana pengendara motornya ugal-ugalan banget emang mbaktik..

Inklocita said...

waaa panjang juga ya antrinya, ga mampir ke nasi jamblang bu nur? antri juga tuh mbak disana