Sunday, 18 January 2015

family's first aid kit



ini bukan tulisan berbayar, lebih ke sharing aja pengalaman selama pake oil imut nan muahhal ini.. (kalo ada yg mau endorse, sila japri aja *ngarep)

pertama kali denger si Young Living (YL) ini pas kebetulan ada sesi fun yoga di salah satu hotel di jogja, pas break yoga diadain acara sharing komunitas YL user. daripada bengong-bengong nunggu, iksutan aja masuk. sebelumnya di sesi yoga ada mbak-mbak yang naro difusser di ruangan yoga dan itu baunya enak -- penasaran pake apa, soalnya wanginya relaxing banget. belakangan baru tau kalo dia pake oil peace&calm.

nah di acara sharing ini banyak tuh yang cerita pengalaman selama pake. bahkan ada yang cerita, dia menderita endometriosis, abis dirutinin pake salah satu eo, lama-kelamaan mengecil, tanpa obat! emejiiiing.. awalnya ga ngeh, ah apaan sih ini essential oils, mana mahal gilaaa. emang bisa gitu dipake buat stress-calming bahkan buat mengurangi keluhan sakit. duluuuu, essential oils yang dijual di tempat yoga harga 100k aja udah dianggep mahal bener.

skip ya acara sharingnya..
lama kelamaan penasaran. tiap hari ngepoin websitenya si YL, trus pengen beli hahahahah oh jiwa ibu-ibu kumat. ditambah emang udah setahun belakangan ngindarin banget yang namanya obat, jadi pengen buktiin, emang iya si kecil mihil ini ajaib?


kebetulan, saya punya asma. ga terlalu parah -- tapi cukup mengganggu karena bisa dateng kapan aja. ditambah lagi pancaroba begini suka tiba-tiba kumat. nanya-nanya sama yang jual, oil mana yaing sebaiknya saya gunakan kalo saya punya asma. dia nyaranin pake Raven. okee.. markitbel!
pas si oil dateng, pas malemnya si asma kambuh - dibuang itu jauh-jauh inhaler, pura-pura disembunyiin biar ga tergoda make. oles-oles raven aja di telapak kaki (vitaflex), di dada, di tulang belakang (spinal) sama dihirup-hirup. cukup lama sih efeknya daripada pake inhaler yang 2x semprot langsung kurang serangannya. tapiiiii... manjur, tidurnya pules sampe besok dan ga pake acara batuk-batuk heboh! beberapa hari, saya pake terus itu oil tiap malem.. dan ga ada ngak-ngik-ngak-nkgik sepanjang malam.
lalu dimulailah pengen oil ini itu, pemborosan investasi kan ya?


oil ke 2 - lavender. beli ini karena katanya bisa mengurangi alergi, saya suka timbul ruam-ruam di kulit kalo kepanasan atau lagi demam. gatel panas gitu rasanya. di olesin dan sembuh! wih tambah bengong sm si oil inii..
trus suka ditetesin seteeees aja di bantal kalo mau tidur - dan tidurnya pules. ga kebangun-bangun
dipake di tengah antara alis, dan di samping dahi (chakra mahkota) pas lagi meditasi .. mungkin efek sugesti juga, tapi pas giliran buka mata dan liat jam, meditasinya sudah lebih lama daripada biasanya :)
trus saya juga suka olesin di chakra mahkota ini sambil saya hirup-hirup beberapa kali, kalo lagi banyak kerjaan dikantor -- atau lagi puyeng dengerin orang kantor pada nyinyir hahahahaha


oil ke 3 - peppermint. oooooh it saves my pms cramps. suatu hari kala pms datang, ngolesin ini di perut sama punggung bawah sambil nyiumin lavender. dan saya tetiba jadi kalem kaya putri keraton.
si peppermint ini ternyata bisa membantu meredakan backpain dan sakit perut. yukdadababay kiranti!
pas lagi mampet idungnya, nyiumin ini juga legaaaaa. kapan itu pernah ga tau kenapa tiba-tiba migrain, padahal jarang banget, biasanya sih si panadol merah menyelesaikan tugas -- tapi sekarang sama si peppermint ajalah..


oil ke 4 - thieves. saya sih belum pernah make langsung oil ini, suami yang pernah. fyi, suami saya pengguna fresker sejati - kata dia mending beli fresker dua lusin timbang si YL dapet sebiji doang. tapi giliran suatu hari dia flu parah plus radang tenggorokan, saya suruh minum itu si thieves 2 tetes aja langsung di tenggorokan.. dan ga lama kemudian mereda. nah kan kan kan, percaya kan sekarang? kalo si oil ini pemborosan investasi.

cobain aja ya sendiri, saya sih ga terus ngebujuk-bujuk situ buat beli. tapi saya nyuruh situ buat ga ketergantungan sama obat. pilek dikit - obat, sakit pala - obat, demam - obat. padahal kalo dari buku punya Dr.Hiromi Shinya, bisa jadi demam atau pusing, atau gejala apapun itu bukan penyakit sebenarnya -- tapi hanya sebuah sinyal tubuh yang menandakan kalo sedang ada yang salah dalam tubuh kita. dan bukannya justru dihentikan 'sinyal'nya dengan obat, beristirahatlah dan makan bergizi.

oya, si oil ini juga bisa dipake buat baby, balita, dan anak kecil sekalipun.. tapi ada beberapa oil yang termasuk dalam kategori 'hot' jadi sesuaikan dulu ya sama kondisi si anak dan selalu dilute oil sama minyak nabati. bisa vco, grapeseed oil,atau minyak kelapa.

penggunaannya, bahkan untuk dewasa pun juga cuma 1-2 tetes aja.. terlalu berlebihan juga ga  oke, sayang juga sih kalo boros makenya, mahal! hahahahha

ps : kalo saya sih, ketika make oil-oil ini, saya selalu mensugesti diri saya yang baik-baik. percuma juga kan ya udah beli, tapi negative thinking duluan sama manfaat esssential oils ini. yaaa..ga bakalan 'kerja' oilnya :p



*photos are from aromaterapisehat.com







6 comments:

gadis dis said...

i've been eyeing lavender for loong time... karena temen gw anak bayinya berhasil sembuh pake lavender doang waktu batpil.. entah mengapa, selalu ada yang lebih lucu nan gak penting buat dibeli saat mau beli oil ini... #EmakEmakBanget

tselaa raisa said...

Belik dis, beliiik..
tar baru bisa komen manfaatnya kl dah pake hihihi

littletiara said...

astagaaa... sodaraku disini jg lagi seneng2nya sama oil2 ini -3- aku sih nebeng aja kalo pas ke rumahnya, mayan ngirit.. abis mihil bingits ga tega belinya o.o

tselaa raisa said...

haha curang..
eh sodaramu punya oil apaan ajaaa?
emang mihils.. makanya nyicil belinya, sebulan sekali hahahaha

littletiara said...

sodaraku make lemon, lavender, sama.. frankenstein.. err.. pokoknya frank2 itu.. gatau deh kemareh kayanya baru nambah lagi, haha..

*kapan itu kita masak kue, disuruh make air lemon, karena ga punya kita make minyak lemon bahahaha orang kaya*

tselaa raisa said...

hahaha orangkayaaa..
eh temen aku dong tir, kl nyambel dikasi tetesan lime
#zzzzzzz