Thursday 3 October 2013

pusingwedding - part 1

oke, jadi ini sudah H-123 dari hari per-ni-ka-han
kalo diukur pake persenan mungkin kadar kemumetan saya baru nngg.. 25% eeh 37,5% lah
trus saya clueless, trus saya orang yang paling males urus printilan-printilan gitu, trus bingun butuhnya apa aja buat wedding secara forum-forum wedding yang terkenal itu jaraaaaaang banget bikin review tentang wedding di Jogja.

tulisan saya yang ini mungkin bisa jadi petunjuk buat calon pengantin diluar sana yang berencana menikah di Jogja juga kali ya..

sebenarnya dibilang pusing ngurusnya ga juga kali ya, ribet iya, apalagi saya urus ini itunya disambi kerja, jadi yaa..nyolong-nyolong waktu buat survey ini itu. untungnya si suami helpfull, eh tapi dia cuma mau urus yang sekiranya menarik buat dia, semacam urusan multimedia (foto & video dokumentasi), undangan, pengisi acara, udah gitu doang. haha tapi minimal dia mau jadi sopir lah buat saya :D

hmm.. trus trus ini nih yg udah saya dapat di H-123 saya
1. Gedung
    Tinggal DP doang, sudah booking tanggal. fyi, urusan gedung ini sebenarnya udah dipikir dari jaman kapan tau. awalnya saya pengen banget bisa menikah di Masjid Kampus UGM, tp menurut almh.mama saya susah utk ngadain acara di masjid. selain belum tentu tamu yang kita undang itu orang muslim semua, hiburannya pun nanti pasti akan sangat terbatas - ga enakeun jg kali yah di masjid kok ribut-ribut. kecuali acara di masjid itu cuma untuk akad doang, ga sampe resepsinya.
jadi setelah penolakan itu mulailah saya mencari (di internet) sama tanya-tanya ke temen. ga disempetin jalan-jalan, selain banyak kerjaan aslinya malaaaas juga. big NO ya sebenernya kaya gini, jangan ditiru.
dan ketemulah itu nDALEM NGABEAN, dapetnya juga dari google, huahahah. lalu datanglah saya kesana, daaan jatuh cinta pada pandangan pertama. oke,saya ambil gedung ini.
tempat ini udah all in sebenernya, tempat akad ada, resepsinya ada, penginapannya juga ada. dulunya situs ini aset kraton tapi entah kenapa kemudian dijual dan akhirnya dikelola jadi sebuah resto+penginapan. tempatnya jawa banget (yaiyalaaah punya keraton) dan anggun menurut saya, ga seperti kebanyakan gedung pada umumnya. semi outdoor, bentuknya joglo dengan taman di sekelilingnya dan rumah kudus (digunakan sbg musholla) yang masyaoloooh cantiknya hihi


yang di foto itu adalah joglo lokasi resepsinya.. udah cantik ya, gausah terlalu banyak ngedekornya (hemat!) hahaha.

2. Catering
    nah ini nih tricky banget urusan satu ini.. sedang dalam proses milih menu dan berhitung. besok saya ajarin ya tips itung per-kateringan. menurut mama saya dulu, urusan perut ini paling sensitif kaya pantat bayi. makanannya ga enak dikomplain sm undangan, makanannya kurang juga dikomplain, eh kelebihan sampe sisa-sisa juga bakalannya dikomplain ahahahahhaha, jadi kalo ini serahkan pada yg punya kateringnya menurut saya, dengan sedikit editan dari kita lho ya masalah jumlah menu, kalo ga.. ya sayang mubadzir kalo kebanyakan, kan si owner catering juga seneng-seneng aja kalo ordernya banyak hehe pokoknya jangan sampe salah itung deh.
nah kebetulan si dalangnya catering ini adalah temen almh mama, yang dulu juga ikut ribet pas kawinan mama beberapa puluh tahun yang lalu. jadi, cincai laaah.. 

3. Make Up Artist
    pilih mua yang emang udah ternama atau kamu pernah jadi panitia yang ikut di make up pas acara sm mua yang kamu mau atau minimal minta test make up deh. pokoknya jangan cap cip cup belalang kuncup kalo milih make up, gamau kan kamu malah keliatan macem mau ngelenong pas acara wedding mu sendiri. kadang reputasi seorang mua juga nyangkut sama masalah timing dia dan crew-nya mengendalikan sesi berdandan. jangan sampe keluarga atau panitia yang di make up banyak tapi crew mua nya sedikit dan ga profesional ngedandanin, soalnya saya sendiri pernah di make up (pas itu saya bagian dari keluarga pengantin) lagi setengahnya make up, eh malah dipotong bikinin kain/jarik buat orang lain -___- kan eike syebeel cyin. dan terjadilah drama keluarga yang telat menghadiri acara akad gara-gara dandannya lamaaaa. 

buat saya besok, akadnya pake paes ageng dilanjut resepsinya dandan biasa. jadi si pidih dan prada itu bakalan dihapus dan diganti dengan make up biasa. pe-er juga sih kayanya buat si MUA, udah susah-susah dibuat eh malah dihapus gitu aja. tapi yaa dia menyanggupi kok. hahaha
tadinya saya gak mau pake adat-adat gitu, tapi ini paksaan dari yang mendanai alias orang tua, katanya biar setema sama gedungnya. kontraprestasinya (halah) boleh dihapus dan ganti baju ples make up di resepsinya *asiiiiik




No comments: